• Breaking News

    Rabu, 29 Maret 2017

    Edi Obama Akan Tingkatkan Kinerja PMI Bireuen



    BIREUEN - Ketua PMI Bireuen, Edi Saputra (Edi Obama) menegaskan, ke depan dirinya bersama pengurus dan relawan PMI akan meningkatkan kinerja dalam berbagai kegiatan kemanusian.

    Hal itu dikatakan Edi Obama dalam Musyawarah Kerja Kabupaten (Muskerkab) di Markas PMI, Desa Blang Blahdeh, Jeumpa, Sabtu (25/3). Dikatakan Edi, PMI merupakan lembaga khusus bidang kemanusiaan, bukan NGO, juga bukan badan atau lembaga biasa. PMI membantu pemerintah daerah, pusat, provinsi, kabupaten sampai kecamatan dan desa bila ada bencana.

    Edi Obama menyampaikan apresiasi kepada relawan yang telah menyukseskan Muskerkab dan orientasi Kepalangmerahan yang merupakan inisiatif adikadik relawan PMI Bireuen. Disebutkan, pada 2016 Aceh mengalami gempa bumi, PMI Bireuen turut membantu dan ikut andil membantu saudaranya yang mengalami musibah gempa di Pidie Jaya dan Samalanga.

    Disebutkannya, dengan Muskerkab dan orientasi kepalang merahan, akan meningkatkankinerja PMI Bireuen dalam berbagai kegiatan kemanusiaan. “Kita harus mengedepankan jiwa kemanusian dan sosial dalam bidang kemanusiaan, seperti kegiatan donor darah yang dilakukan oleh sejumlah lembaga dan organisasi serta komunitas,” kata Edi Obama.

    Ditambahkannya, dalam Muskerkab, pihaknya menyusunrencana kerja satu tahun ke depan menyangkut penanggulangan bencana, pelayanan kesehatan dan donor darah, administrasi dan keuangan, serta meningkatkan pelatihanuntuk sukarelawan. Dalam kegiatan orientasi, pengurus dan relawan diberikan pemahaman tentang tugasnya.

    Ketika ada bencana, relawan PMI wajib ada di lokasi paling lambat 6 jam setelah bencana. Karena itu perlu dilakukan pelatihan- pelatihan kepada teman- teman di ranting, di kampung -kampung, yang dikenal sebagaikampung tangguh bencana. Misalnya kalau ada banjir tengah malam, relawan harusmampu menyelamatkan jiwa dan harta benda milik masyarakat.

    “Bencana kita hadapi, sebelum bencana, saat bencana dan setelah bencana. Biasanya relawan PMI yang tercepat tiba dan paling lama pulang darilokasi bencana,” ujarnya. Di bawah kepemimpinan Edi Saputra, PMI Bireuen sudah banyak perubahan. “Kita akan membentuk tim relawan desa tangguh di semua gampong,mudah-mudahan di Bireuen yang pertama akan lahirnya relawan tangguh desa,” demikian Edi Obama. (*)
     
    Sumber : Serambinews.com

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar

    Fashion

    Beauty

    Culture